Connect with us

Mudah Menular, Ini Pencegahan Agar Tidak Terinfeksi Virus Hepatitis A

Kesehatan

Mudah Menular, Ini Pencegahan Agar Tidak Terinfeksi Virus Hepatitis A

Sijorimandiri.com, Jakarta – Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyebabkan kesakitan ringan hingga berat. Penyakit ini mudah menular terutama dari makanan atau minuman yang terkontaminasi infeksi virus tersebut.

Adanya kejadian luar biasa (KLB) hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur, membuat masyarakat harus lebih waspada agar tidak tertular karena semua orang memiliki risiko tinggi. Tubuh yang sehat diperlukan agar bisa menghalau masuknya virus.

“Sejauh yang bisa kita ikuti, kita tetap mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan, tidak mengonsumsi makanan yang diragukan kebersihannya,” sebut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono, kepada detikHealth, Senin (1/7/2019).

Bagi masyarakat yang sudah tertular, disarankan untuk beristirahat total selama seminggu penuh hingga nafsu makan meningkat. Selain itu lakukan disinfeksi lingkungan yang menjadi sumber pencemaran.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak terinfeksi Hepatitis A, diantaranya:

  1. Menjaga sanitasi yang baik
  2. Menjaga kebersihan perorangan dan cuci tangan pakai sabun (CTPS) secara benar yakni sebelum makan, setelah buang air, sebelum menyusui bayi, sebelum mengolah makanan, setelah mengganti popok bayi
  3. BAB di jamban yang bersih
  4. Makan makanan bergizi dan sehat
  5. Menjaga daya tahan tubuh
  6. Vaksinasi

“Kalau daya tahan tubuhnya baik, akan sembuh dengan sempurna. Beda dengan hepatitis B karena akan menyebabkan kerusakan hati kalau tidak dilakukan penanganan yang baik,” tutupnya. (sm/detik)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kesehatan

To Top