Connect with us

Trump dan Kim Jong Un Sepakat Bentuk Tim Khusus Bahas Nuklir Korut

Internasional

Trump dan Kim Jong Un Sepakat Bentuk Tim Khusus Bahas Nuklir Korut

Sijorimandiri.com, Jakarta – Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali bertemu untuk yang ketiga kalinya. Dalam pertemuan yang terjadi di Zona Demiliterisasi (DMZ) itu, Trump dan Kim sepakat membentuk tim khusus untuk membahas program nuklir Korut yang sempat buntu.

Dilansir Reuters, Trump menjadi menjadi presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara pada Minggu (30/6/2019). Pertemuan tersebut diprakarsai oleh undangan Trump kepada Kim Jong Un melalui akun Twitter miliknya.

Trump dan Kim pun bertemu untuk ketiga kalinya di Zona Demiliterisasi. Pertemuan ditandai keduanya saling berjabat tangan.

Trump dengan didampingi oleh Kim melintas melewati garis demarkasi militer ke sisi Utara Daerah Keamanan Bersama (JSA), yang dipatroli oleh tentara dari kedua Korea.

Beberapa saat kemudian, keduanya kembali ke sisi selatan dan bergabung dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk melakukan pertemuan singkat antara 3 negara.

Trump dan Kim kemudian mengadakan pertemuan tertutup selama hampir satu jam. “Kami baru saja mengadakan pertemuan yang sangat-sangat baik,” kata Trump setelah pembicaraan.

“Kita akan melihat apa yang bisa terjadi.” lanjutnya

Trump mengatakan kedua belah pihak akan membentuk tim untuk mendorong perundingan macet yang bertujuan untuk membuat Korea Utara menyerahkan senjata nuklirnya. “Kecepatan bukanlah hal yang penting,” ucap Trump. (sm/detik)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Internasional

To Top