Connect with us

Kemenkes Periksa 34 Sampel Suspect Corona di Indonesia, Semua Negatif

Kesehatan

Kemenkes Periksa 34 Sampel Suspect Corona di Indonesia, Semua Negatif

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengungkap ada 34 sampel diduga suspect Corona yang telah diperiksa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga 2 Februari 2020. Dari hasil pemeriksaan, semua sampel dinyatakan negatif virus Corona.

“Situasi virus Corona di Indonesia sampai dengan tanggal 2 Februari 2020 tidak ditemukan yang positif novel-Coronavirus 2019 pada 34 sampel yang diperiksa. Mendapatkan hasil 34 negatif, di mana di antara 34 sampel diuji terdiri dari 27 WNI dan 7 warga negara asing,” kata Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Semua sampel itu diperiksa oleh laboratorium Kemenkes. Terawan mengatakan terus dilakukan pengawasan terhadap 34 sampel tersebut dan hasil seluruhnya negatif.

“Berikut detail sampel pemeriksaan telah dilaksanakan Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Pusat Kesehatan Kemenkes per 2 Februari 2020, di mana 34 sampel dari pasien dalam pengawasan dengan hasil seluruhnya negatif novel-Coronavirus,” ujar Terawan.

Laboratorium Kemenkes itu, menurut Terawan, terakreditasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, laboratorium ini dilengkapi pedoman penanganan virus Corona dari WHO sejak akhir tahun lalu.

“Seperti kita ketahui bahwa Puslitbang Biomedis Balitbangkes merupakan sebuah laboratorium BSL 3 yang terakreditasi oleh WHO dan juga kit-kit (pedoman penanganan) untuk virus ini kita sudah punya sejak Desember 2019,” kata Terawan. (Al/detik)

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top