Connect with us

Pembalakan Liar, 8 Orang Pelaku Ditetapkan Sebagai Tersangka

HUKRIM

Pembalakan Liar, 8 Orang Pelaku Ditetapkan Sebagai Tersangka

METROBATAM.COM, Wonogiri – Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri Polda Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021), melakukan gelar perkara terkait dengan kasus ilegal logging atau pembalakan liar yang terjadi di wilayah Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dikutip dari Humas Polres Wonogiri, kasus pembalakan liar kayu jenis sonokeling tersebut berhasil diungkap setelah jajaran Satreskrim Polres Wonogiri, menangkap pelaku di Jalan Raya Wuryantoro – Manyaran pada Sabtu 29 Mei 2021 lalu.

Dalam gelar perkara yang dilakukan di Mapolres Wonogiri, Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, mengatakan bahwa dari kasus pembalakan liar tersebut, 8 orang pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini harus mendekam di sel tahanan Polres Wonogiri.

“Dari delapan tersangka itu, 2 orang di antaranya sebagai pengangkut yakni Aji Hermawan, warga Begajah Sukoharjo Jawa Tengah dan Joko Purnomo, warga Juwiring Klaten Jawa Tengah. 6 orang pelaku lainnya sebagai penebang yakni Suyanto, dan Solikhin warga Pracimantoro Wonogiri, kemudian Sutino, Juwardi, Joko Kuncoro dan Parso semuanya warga Puloharjo Eramoko Woogiri”, papar AKBP Christian Tobing .

Awal terungkapnya kasus pembalakan liar tersebut, lanjut AKBP Christian, piket siaga Reskrim Polres Wonogiri, mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada kegiatan pengangkutan kayu hutan yang diduga diambil dari kawasan milik Perhutani di wilayah Kecamatan Eramoko.

“Respon atas laporan itu, tim Satreskrim Polres Wonogiri mendatangi tempat kejadian dan melakukan penyelidikan. Setelah sampai di lokasi, petugas mendapati pelaku sedang mengangkut kayu hutan tanpa dilengkapi dengan surat-surat keabsahan. Kemudian, petugas mengamankan barang bukti berserta terduga pelaku untuk penyidikan lebih lanjut”, tandas Kapolres.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Supardi, mengatakan, bahwa selain mengamankan 8 orang pelaku , pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya.

“Kami juga mengamankan sejumlah barang bukti, berupa 134 batang kayu sonokeling, satu unit mobil Truk dengan Nopol AD 1312 MB, 3 gergaji manual, HP serta uang tunai sebesar 20 juta rupiah”, katanya.

AKP Supardi, lebih lanjut mengatakan bahwa dari pengalaman yang ada, kayu sonokeling menjadi sasaran utama pembalakan liar karena kayu sonokeling.m harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan kayu jati.

“8 orang tersangka pembalakan liar tersebut, diancam dengan hukuman maksimal lima tahun penjara dengan denda 5 Milyar”, pungkas AKP Supardi. (Pur).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in HUKRIM

To Top